Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Peneliti Ungkap Berapa Hari Virus Corona Bisa Bertahan di Permukaan Benda

JAKARTA–Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyebutkan, virus Corona (Covid-19) bisa punya masa hidup lebih lama ketika berada di permukaan benda.

Menurut CDC, virus ini berpotensi bertahan selama 17 hari. Data ini berdasarkan temuan mereka di kapal pesiar Diamond Princess yang beberapa waktu lalu dikarantina sebelum para penumpangnya diperbolehkan pulang.

Dikutip dari CNBC, studi ini menunjukkan bahwa, virus masih bertahan di permukaan benda hingga 17 hari sejak para penumpang meninggalkan kapal. Para peneliti sebelumnya memperkirakan virus corona bisa bertahan hingga 3 hari pada permukaan yang terbuat dari baja atau plastik. Meski demikian, jumlah virus yang mampu menginfeksinya akan berkurang seiring waktu.

Penelitian juga menunjukkan bahwa virus corona dapat dinonaktifkan dengan mendesinfeksi permukaan dengan alkohol 62-71%, atau cairan pemutih yang mengandung hidrogen peroksida 0,5% atau cairan pemutih rumah tangga yang mengandung 0,1 persen natrium hipoklorit.

Suhu dan kelembaban yang lebih tinggi juga cenderung menyebabkan virus corona lain mati lebih cepat, meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa kerabat virus corona lainnya yang menyebabkan SARS, bisa mati oleh suhu di atas 56 derajat celcius dengan laju sekitar 10.000 partikel virus setiap 15 menit.

Meskipun tidak ada data tentang berapa banyak partikel virus dalam satu droplet yang keluar dalam sekali batuk, penelitian tentang virus flu menunjukkan bahwa tetesan yang lebih kecil dapat mengandung puluhan ribu salinan virus influenza.

Namun jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada jenis virus itu sendiri, tempat ia ditemukan dalam saluran pernapasan, dan tahapan infeksi orang yang batuk tersebut.

Pada pakaian dan permukaan lain yang lebih sulit didesinfeksi, belum jelas berapa lama virus bisa bertahan. Sifat penyerap serat alami seperti pada karton misalnya, bagaimanapun, dapat menyebabkan virus mengering lebih cepat dibandingkan pada plastik dan logam.

Pada dasarnya, ini berarti bahwa kita tidak bisa berasumsi bahwa benda-benda kita tidak terkontaminasi. Yang bisa kita lakukan adalah selalu menjaga kebersihan.

SUMBER: CNBC

Rekomendasi

Presiden Jokowi Janjikan ‘Libur’ Bayar Cicilan Selama 1 Tahun, OJK Jelaskan Syarat dan Ketentuannya

Pengumuman! Belajar Mengajar di Rumah Diperpanjang hingga 20 Mei

Back to Top