Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Memfitnah Masjid Putar Musik DJ, Pemuda ini Ditangkap

Pemuda Bandung Kenneth William berurusan dengan polisi gegara video TikTok sebut Masjid Persatuan Islam (Persis) Bandung memutar musik DJ hingga tak berakhlak. Sejumlah fakta terungkap dari kasus itu.

  1. Video TikTok Viral di Medsos

Seorang pengguna media sosial (Medsos) diamankan usai membuat kontek TikTok berupa dugaan penyebaran hoaks. Pengguna medsos berinisial KWS itu mengunggah video TikTok yang menyebut masjid tak berakhlak lantaran menyetel musik.

Video TikTok itu viral di medsos sejak Senin (5/10/2020). Seperti dilihat detikcom, video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan pria yang merupakan pengguna medsos itu sedang berdiri di sebrang masjid pesantren milik Persatuan Islam (Persis) di Jalan Pajagalan, Kota Bandung.

“Guys gua lagi jalan-jalan, terus gua denger suara ini. Ternyata suaranya dari sana,” ucap pria tersebut sambil menunjuk masjid.

“Yang nyetel lagu ini bener-bener nggak ada akhlak, kacau… kacau aduh,” katanya melanjutkan.

Dalam video itu memang terdengar suara musik. Adapun musik yang terdengar seperti musik beat atau musik DJ.

  1. Unggahan Kenneth Dipastikan Hoaks

Tim Advokat LBH PP Persis Zamzam Rasiqin mengatakan pengambilan video itu diduha dilakukan pada Minggu (4/10) kemarin. Menurut Zamzam, video yang diunggah menyebut masjid menyetel lagu DJ merupakan hoaks. Menurut Zamzam, musik yang terdengar dalam video merupakan backsound dari aplikasi TikTok.

“Ternyata pernyataannya tersebut yang ia unggah di akun media sosialnya sendiri adalah berita bohong, ia melakukan recording di depan Pesantren Persis 1-2 Pajagalan Bandung menggunakan aplikasi dengan backsound lagu DJ dan menuduh lagu itu berasal dari masjid,” kata Zamzam dalam keterangan resmi yang diterima.

Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya juga mengatakan masjid yang beralamat di Jalan Pajagalan, Kota Bandung itu tak memutar lagu DJ seperti dalam video Kenneth.

“Tidak ada musik itu, itu yang dibuat oleh dia sendiri sehingga seolah-olah dengan adanya suatu dari masjid itu akan mengundang perhatian dari masyarakat dan otomatis dari masyarakat itu akan mengikuti dia,” katanya.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

BLT Rp 500 Ribu Cair Lewat BRI, BNI, BTN, dan Mandiri. Cek Sekarang Juga

Terbaru! Soal Rekrutmen 1 Juta Guru di Tahun 2021, Ini Penjelasan BKN

Back to Top