Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Akhirnya Bapa Pulang Juga. Kisah Bapa Khong Guan Pulang Merantau ke..

Sampai sekarang, kaleng Khong Guan klasik masih sama seperti dulu. Bentuknya kotak, warnanya merah, dan menampilkan ibu beserta dua orang anaknya di meja makan sedang menyantap biskuit. Gambar ibu dan dua anak di kaleng Khong Guan memang sangat fenomenal.

Mulai dari tidak adanya sosok ayah, nama Khong Guan hingga berakhir dengan isian rengginang. Misteri-misteri itu bukan tanpa alasan.

Berikut ini 7 fakta misteri biskuit berumur 71 tahun itu:

1. Sudah ada sejak tahun 1947

Khong Guan memang bukan berasal dari Indonesia. Biskuit fenomenal ini berdiri tahun 1947 di wilayah Singapura. Nama perusahaanya adalah Khong Guan Biscuit Factory (Singapore) Limited.

2. Pertama kali muncul di Indonesia tahun 1971

Biskuit ini beredar di Indonesia pada tahun 1971. Itu karena berdiri Khong Guan Biscuit Factory Indonesia. Perusahaan tersebut memproduksi makanan seperti biskuit, wafer dan waferistik.

3. Penciptanya adalah kakak beradik asal Tiongkok

Pencipta Khong Guan adalah kakak beradik asal Fuanjin, Tiongkok, Chew Choo Keng dan Chew Choo Han. Keduanya adalah imigran dan bekerja di pabrik biskuit Singapura untuk menghidupi keluarganya di kampung.

Saat Jepang menginvasi Singapura, Keng dan Han mengungsi ke Perak, Malaysia. Di sini, mereka membuat biskuit sampai persediaan tepung dan gula habis. Mereka lalu membuat serta menjual garam dan sabun untuk bertahan hidup.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Ternyata Hoax! Beredar Gambar Virus Corona, Ternyata Cuma..

Jack Ma Sumbang 2 Juta Masker untuk Indonesia dan….

Back to Top